Nama Kelompok:
Iqbal Dayan (12125263)
Novianti Utari (12126725)
SOAL PERTEMUAN 2
1)
Metode yang digunakan di dalam
suatu penelitian terdapat :
a. 1 Metode d. 4 Metode
b. 2 Metode e. 5 Metode
c. 3 Metode
2)
Penelitian yang lebih banyak
menggunakan data primer daripada data sekunder disebut dengan penelitian :
a. Sejarah d. Tindakan
b. Deskriptif e. Grounded Research
c. Eksperimental
3)
Ketika riset deskriptif
dilanjutkan untuk mencari jawaban atas suatu fenomena yang ditemukan maka
disebut dengan riset :
a. Grounded d. Tindakan
b.
Explanatory e. Eksperimental
c. Sejarah
4)
Metode yang dilakukan dengan
mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian dan adanya kontrol disebut dengan metode :
a. Sejarah d. Tindakan
b. Deskriptif e. Grounded Research
c. Eksperimental
5)
Peneliti-peneliti dari Ilmu
Eksakta di dalam meneliti, umumnya menggunakan
metode :
a. Grounded d. Tindakan
b. Explanatory e. Eksperimental
c. Sejarah
PERTEMUAN 2
1.
Di bidang pendidikan, serta bidang ilmu yang lain, metode
sejarah banyak dilakukan untuk memecahkan masalah. Contohnya studi
masalah dalam pertanian, yang menelusuri masa lampau serta relevansinya
untukmasa kini dengan melihat aspek perubahan-perubahan sosial serta teknologi
dapat dilakukan dengan menggunakan metode sejarah.
2.
Remain : yaitu bahan-bahan fisis atau
tulisan yang mempunyai nilai-nilai sejarah yang
terdapat tanpa suatu kesadaran menghasilkannya untuk
suatu keperluan pembuktian sejarah. Contohnya : alat perkakas,
perhiasan kuno, bangunan seperti piramida,canda, senjata, sendok, dll Dokumen :
yaitu laporan dari kejadian-kejadian yang berisi pandangan serta
pemikiran-pemikiran manusia di masa yang lalu.
contohnya : buku harian, batu bertulis, daun-daun lontar, relief-relief
pada candi, surat-surat kabar, dsb
3.
a. Penelitian
sejarah komparatif : penelitian untuk membandingkan faktor-faktor
dari fenomena - fenomena sejenis pada suatu
periode masa lampau. Contohnya : membandingkan sistem
pengajaran di Cina dan Jawa pada masa kerajaan Majapahit.
b. Penelitian Yuridis atau Legal
: untuk menyelidiki hal-hal yang menyangkut
dengan hukum, baik hukum formal ataupun
hukum nonformal dalam masa yang lalu. Contohnya :
peneliti ingin mengetahui dan menganalisis tentang keputusan-keputusan
pengadilan akibat akibat hukum adat serta
pengaruhnya terhadap suatu masyarakat pada masa
lampau
c. Penelitan Biografis : penelitian
ini, diteliti sifat-sifat, watak, pengaruh, baik
pengaruh lingkungan maupun pengaruh pemikiran dan
ide dari subjek penelitian dalam masa
hidupnya, serta pembentukan watak figur yang diterima
selama hayatnya. Contohnya : sumber-sumber data sejarah untuk
penelitian biografis antara lain: surat-surat
pribadi, buku harian, dll.
d. Penelitian Bibliografis : untuk
mencari, menganalisis, membuat interpretasi serta
generalisasi dari fakta-fakta yang merupakan pendapat
para ahli dalam suatu masalah atau suatu
organisasi.
4.
Metode survei : digunakan untuk pemecahan masalah-masalah
pendidikan termasuk kepentingan perumusan kebijaksanaan pendidikan. Studi kasus
: mempelajari secara intensif seseorang individu atau kelompok yang dipandang
mengalami kasus tertentu.
5.
Kelemahan - kelemahan dari Studi Kasus :
a. Studi kasus seringkali dipandang kurang
ilmiah atau pseudo-scientific karena pengukurannya bersifat subjectif atau
tidak bisa dikuantifisir.
b. Karena masalah interpretasi subjektif pada
pengumpulan dan analisa data studi kasus, makamengerjakan pekerjaan ini
relative lebih sulit dari penelitian kuantitatif.
c. Masalah generalisasi.
d. Lebih bersifat deskriftif, studi kasus juga
dianggap kurang memberi sumbangan pada persoalan-persoalan praktis mengatasi
suatu masalah.
e. Biaya penyelenggaraan yang relative mahal.
f. Karena fleksibilitas disain studi kasus,
ini memungkinkan peneliti untuk beralih focus studi ke rah yang tidak
seharusnya.
6.
Manusia lebih gembira bekerja bersama-sama dan dapat
mengembangkan kepercayaan terhadap diri masing-masing serta antusias
masing-masing.
• Dapat mengurangi pengambilan
kesimpulan yang salah karena dapat menghindarkan bias perorangan.
• Dapat mengombinasikan keunggulan spesifik
yang dipunyai oleh masing-masing peneliti sehingga diperoleh suatu keunggulan
yang terpadu.
7. Terdapat interdependensi antara tindakan
dengan penelitian, tetapi tindakan yang dilaksanakan oleh kaum praktisi tidak
disambung dengan institusi penelitian, tetapi hanya dipandui oleh penelitian.
8. Penelitian Deskriptif
: metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai kejadian.,
meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi,
suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa
pada masa sekarang.
Penelitian Eksperimen : penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian serta adanya kontrol.
Penelitian Eksperimen : penelitian yang dilakukan dengan mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian serta adanya kontrol.
0 komentar:
Posting Komentar